14 HARI KELILING ISTANBUL

EMPAT BELAS HARI KELILING TURKI
Hari pertama : Selamat datang di Turki
Anda telah tiba di Istanbul , kota yang terletak di dua benua Eropa dan Asia, anda akan diantar ke hotel. Sepanjang hari ini adalah acara bebas, anda dapat bersantai dan beristirahat di hotel untuk membantu anda menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Bermalam di Istanbul.
Hari kedua : Yang utama di Istanbul
Pemandu wisata akan menjemput di hotel anda tepat jam 9 pagi untuk memulai tur jalan kaki di ibukota tiga kekaisaran. Obyek pertama adalah istana Topkapi, dulunya merupakan tempat tinggal Kaisar – Kaisar dari kekaisaran Ottoman yang memerintah selama hampir 400 tahun. Istana ini sekarang menjadi musium yang terkenal dengan koleksi harta karun dari keluarga kekaisaran Ottoman. Anda dapat menyaksikan momen – momen kejayaan maupun keruntuhan kekaisaran ini. Kita tidak mengunjungi Harem karena sedang renovasi.
Dari istana Topkapi kita mengunjungi Hagia Sophia melalui jalan berbatu bundar yang dipenuhi rumah – rumah Ottoman. Sophia Hagia adalah sebuah gereja nan megah yang didirikan pada abad ke 6 dengan gaya arsitektur bizantium dan terkenal dengan mosaik – mosaiknya. Anda dapat mempelajari sejarah gereja yang merupakan obyek wisata utama di Istanbul ini dari sejak masa pembangunannya. (kita tidak mengunjungi Harem karena sedang dalam proses restorasi.
Setelah makan siang kita mengunjungi Blue Mosque yang juga dikenal sebagai Mesjid Sultanahment. Mesjid yang dibangun di abad ke 17 ini merupakan salah satu bangunan utama lambang kota Istanbul. Ketika anda sudah berada di dalam mesjid ini, anda akan dikelilingi keramik biru Iznik. Setelah Mesjid biru kita mengunjungi Basilica Cistern atau dalam bahasa Turki disebut dengan Yerebatan Saray. Yerebatan Serey ini merupakan penampungan air terbesar yang teletak di bawah kota Istanbul. Terletak 150 M sebelah tenggara dari Hagia Sophia, di semenanjung Sarayburnu dan dibangun oleh Kaisar Justinian I pada abad ke 6.
Tujuan terakhir kita hari ini adalah Grand Bazaar suatu area belanja dengan lebih dari empat ribu toko. Pemandu wisata anda akan menghantar anda berkeliling dan menjelaskan sejarah tentang tempat ini. Tur hari ini akan berakhir sekitar jam lima sore.
Hari ke tiga : Berada di dua benua
Anda akan dijemput jam 9 di hotel anda. Tempat pertama yang kita kunjungi adalah Masjid Rustempasa. Bagian dalam masjid ini dilapisi batu warna warni Iznik yang paling indah yang pernah dibuat. Kemudian kita menuju ke Spice Market dimana dijual Buah kering (manisan), keju, sosis, selai, kacang, biji-bijian dan makanan ringan khas Turki yang terkenal. Selain terkenal akan bahan makanan, Spice Market juga terkenal akan perhiasan dan barang – barang lainnya bisa dibeli disini.

Setelah puas melihat – lihat Spice Market kita naik kapal menuju selat Bosphorus. Selat air tawar yang indah ini memisahkan kota Istanbul menjadi dua sisi. Sisi benua Asia dan sisi benua Eropa. Kita akan mengunjung bukit Camlica yang menampilakn panorama kota Istanbul dan selat Bosphorus. Kita lanjutkan dengan makan siang di restoran yang menyajikan masakan khas Turki.
Setelah makan siang kita akan menyusuri jembatan Bosphorus, di jembatan ini anda dapat berpindah dari benua Asia ke Eropa dan berfoto ria di depan tulisan “Welcome to Europe”. Setelah puas befoto ria kita menuju area yang sangat indah dari kota Ortakoy dimana anda dapat berfoto ria dan menyeruput kopi Turki dengan pemandangan selat Bosphorus yang indah.
Tur akan berakhir setelah kita berjalan santai di trotoar istiklal dimana para penduduk bersosialisasi. Selama jalan santai sejauh 1.2 KM ini anda akan diterangkan mengenai bangunan – bangunan disekitarnya serta kehidupan malam di Turki. Tur hari ini akan berakhir pukul lima sore di hotel anda.

Hari ke empat : Golden Horn dan Dolmabahce Palace
Anda akan dijemput di hotel jam 9 pagi. Tujuan pertama kita hari ini adalah Masjid Suleymaniye. Masjid yang dirancang oleh arsitek terkenal Sinan pada tahun 1557 dianggap sebagai masjid terindah dari semua masjid yang didirikan oleh kekaisaran. Dari luar masjid anda akan mengagumi keindahannya sedangkan di dalam masjid anda dapat melihat makam dari Sultan Suleyman dan istrinya Roxelana. Setelah itu kita menuju ke dinding kota Konstantinople yang berada di wilayah Edimekapi. Dinding kota yang dibangun pada abad ke 5 ini terbentang sepanjang 6.5 KM, mulai dari Golden Horn sampai ke laut Mamara, dibangun oleh kaisar Theodosius II. Selain melihat pemandangan dinding kota ini, anda juga dapat mengunjungi Gereja Chora (dibangun pada abad ke 13). Gereja Chora ini terkenal akan dinding mosaiknya yang menceritakan kisah – kisah dari kitab perjanjian lama dan perjanjian baru.
Pada makan siang hari ini anda berkesempatan mencoba menu – menu lokal dari dapur kekaisaran yang sangat terkenal akan pencampuran bumbu dan bahan – bahan dari berbagai daerah di Turki. Setelah makan siang kita menuju ke Eyup, satu dari sekian tempat ziarah terpenting di dunia bagi dunia islam. Setelah itu kita akan mampir ke kedai kopi Pierre Loti untuk minum kopi / teh di sore hari sembari menikmati pemandangan kota tua.
Tujuan terakhir hari ini adalah istana Dolmabahce yang terbentang sepanjang 600 meter sepanjang sisi eropa dari selat Boshphorus. Istana ini dibangun pada tahun 1843 hingga 1858 oleh Sultan Abdulmecit I memiliki elemen – elemen bergaya Barok, Rokoko dan Neoklasik dan juga dicampur gaya arsitektur tradisional Ottoman untuk menghasilkan suatu perpaduan baru. Istana Dolmabajce ini memiliki koleksi terbanyak lampu gantung kristal bohemian dan baccarat di seluruh dunia. Juga terdapat satu tangga besar dimana tiang – tiang tangga terbuat dari kristal Bakarat. Tur akan berakhir sekitar pukul 5 sore dan anda akan diantar ke bandara untuk terbang ke Cappadocia. Bermalam di Cappadocia

Hari ke lima : Cappadocia
Tour akan dimulai dengan mengunjungi Catalkaya yang merupakan cerobong asap lambang dari Cappadocia. Dilanjutkan mengunjungi Red Valley dan Rose Valley. Red Valley merupakan tempat yang sangat indah untuk melakukan hiking bersama pemandu wisata anda dimana anda akan melihat batu – batu berbentuk burung merpati, rumah, gereja dan terowongan alami. Setelah itu anda akan mengunjungi Cayusin Village dimana anda dapat melihat gua dan rumah batu yang tidak dipakai lagi sejak 1952. Makan siang di restoran yang menyajikan makanan setempat.
Setelah makan siang, anda akan menuju kota bawah tanah Kaymakli. Kaymakli merupakan salah satu komplek bawah tanah yang paling menarik di Cappadocia. Wisatawan dapat masuk ke empat lantai dari total delapan lantai yang ada. Dari Kaymakli kita menuju ke Pigeon Valley dimana terdapat rumah – rumah merpati, dan bebatuan berwarna. Selesai dari Pigeon Valley anda diantar untuk bermalam di hotel.

Hari ke enam : Museum outdoor Goreme, Lembah Pasabag, Makan malam dengan keluarga Turki
Kita akan mengeksplor Cappadocia sehari penuh. Dimulai dengan mengunjungi museum outdoor Goreme, situs peninggalan dunia menurut UNESCO. Bentuk situs ini menyerupai komplek biara yang besar, yang terdiri dari beberapa biara yang berdampingan dengan masing – masing biara terdapat gerejanya. Museum ini memperlihatkan 11 gereja kristen abad permulaan yang terbuat dari pahatan batu. Di dalam gereja terdapat lukisan – lukisan yang spektakuler dengan warna – warna cerah yang tidak pudar walaupun sudah berusia ratusan tahun.
Di lembah Pasabag, kita dapat melihat pilar – pilar dunia di tengah – tengah kebun anggur, seringkali disebut juga lembah para pendeta. Di lembah Merpati ( Guvernicinlik) sebuah area yang merupakan tempat tinggal ribuan burung merpati di jaman dahulu. Penduduk setempat menggunakan kotoran burung merpati ini sebagai pupuk untuk tanah mereka. Tur hari ini kita akhiri dengan mengunjungi toko permadani / karpet dimana kita dapat belajar bagaimana cara membuat permadani Turki. Makan malam hari ini sunggulah istimewa karena anda akan makan malam di rumah keluarga Turki dengan menu – menu Turki yang otentik dan anda dapat berbincang hangat dengan mereka.
Hari ke tujuh : AVANOZ, lembah cerobong asap peri.
Setelah santap pagi, kita mngunjungi Avanoz, pusat penenunan karpet dan kerajinan tembikar. Anda dapat menyaksikan para pengrajin tembikar menggunakan teknik pembuatan yang sama dengan teknik di jaman Neollitik di Anatolia, teknik ini menggunakan roda yang berputar. Anda juga dapat mencoba tehnik ini dengan membuat sendiri benda tembikar anda.
Kemudian kita berpindah ke Dervent melewati Urgup, biasanya disebut Lembah Cerobong Asap Peri. Nikmati pengalaman spesial berkeliling lembah dan mendaki sisi – sisi bukit dengan cerobong atap yang unik. Suang hari acara bebas di Cappadocia.

Hari ke delapan : Konya, Museum Meylanan, Minum teh dengan warga lokal Beysehir, Antalya.
Dari Cappadocia kita menuju Konya. Pertama kali kita kan mengunjungi Sultanhani, sebuah contoh prima kawasan penginapan bergaya Seljuk –Turkish, penginapan ini dikelilingi dinding yang tinggi dan pintu gerbang yang megah, lapangan dengan jalan setapak berbatu dikelilingi ruangan – ruangan seperti ruangan bendahara, ruangan makan, masjid, toko – toko dan ruangan tidur.
Berikutnya kita menuju ke Moseleum Mevlana dan musium biara Mevlana di Konya. Kemudian kita mengunjungi Sekolah teologi Karatay dimana kita dapat melihat koleksi keramik yang dipamerkan. Kemudian kita akan mengunjungi rumah keluarga Turki di desa Beyhesir. Anda dapat berinteraksi dengan penghuni rumah tersebut dan menikmati teh Turki.
Kita lanjutkan perjalanan menuju Karatay Medrese untuk melihat bengkel kerja para pembuat keramik Seljuk Turkish di Konya. Sore hari kami antar anda untuk bermalam di pusat resor pantai Turki Mediterrania, Anatolya.

Hari ke sembilan : Perge, Aspendos, Musium Arkeologi
Obyek pertama di hari ini adalah Perge sebuah kota kuno Anatolia, didirikan tahun 1500 Sebelum Masehi oleh kaum Hittites namun kemudian diduduki oleh kekaisaran Romawi. Anda dapat melihat gedung teater, stadion, menara – menara daan menara Romawi Hellenistik yang akan membawa anda ke deretan toko – toko. Kemudian kita ke Aspendos, gedung teater yang sangat besar dengan lebih dari 30 ribu penonton dan terdapat air mancur yang cantik. Semua peninggalan ini bertahan sejak jaman romawi bahkan gedung teater masih dipergunakan untuk menggelar konser – konser kontemporer.
Berikutynya kita ke Musium Arkeologi Anatlya, satu dari sekian musium terpenting di Turki. Mempunyai 14 ruang pertunjukan dan galeri di udara terbuka. Mempunyai koleksi patung dewa dan dewi kuno. Selanjutnya adalah acara bebas untuk anda menikmati kota di pinggir laut tengah ini.

Hari ke sepuluh : Aphrodisias dan menuju ke Pamukkale
Hari ini kita menuju ke Aphrodisias, satu dari situs purbakala di Anatolia yang mana baru sebagian yang terungkap. Nama kota ini berasal dari nama dewi cinta Aphrodite yang oleh bangsa romawi disebut juga Venus. Dibawah pemerintahan Yunani dan Romawi dijadikan pusat kesenian.
Setelah santap siang kita menuju Pamukkale. Pernah dikenal dengan nama Hierapolis, sebuah situs peninggalan alami bernuansa magis dan spektakuler di dunia. Pamukkale disebut juga kastil kapas karena warnanya yang sangat putih. Situs ini merupakan sumber air panas alami (permandian air panas) yang mengandung kalsium dan dapat menyembuhkan penyakit. Anda akan mengunjungi Necropolis, gerbang dan jalan utama, permandian, Devils Hole dan Theater. Terdapat 17 sumber air panas (35-100 derajat celcius) di situs ini. Air yang keluar dari sumbernya dialirkan sejauh 320 meter hingga mencapai pusat teras sedimentasi (travertine) dan area yang terdapat deposit kalsium carbonate sepanjang 60-70 meter meliputi area seluas 240 – 300 meter. Anda dapat berendam atau berenang di kolam air panas di hotel. Setelah tur selesai anda akan dihantar kembali menuju hotel.

Hari ke sebelas : Ephesus, tempat tinggal Santa Perawan Maria, Izmir
Ephesus merupakan sebuah kota kuno yang luar biasa. Reruntuhan – reruntuhan di Ephesus masih terawat dengan baik di sebuah area yang menjadikan Ephesus satu dari sekian kota terindah di jaman dahulu. Pernah menjadi pelabuhan yang ramai, Ephesus pernah menjadi kawasan hunian selama beberapa abad dalam sejarah.
Saat anda menyusuri jalan setapak terbuat dari batu marmer bundar, anda dapat melihar Great Theater yang dapat menampung 20 ribu penonton, perpustakaan celcius, permandian dan kuil besar Artemis. Kemudian kita mengunjungi rumah santa perawan Maria dimana di rumah ini santa perawan Maria tinggal sampai akhir hayatnya.
Makan siang di restoran lokal di Sirince Village. Di semua jalan sempit di desa ini, dipenuhi dengan berbagai kerajinan tangan termasuk minyak zaitun, barang – barang (souvenir) khas setempat dan produk anggur lokal yang terkenal. Sore hari kita tiba di kota pelabuhan Izmir untuk bermalam.

Hari ke dua belas : Pergamon
Anda akan mengunjungi kota kuno Pergamon, pusat kebudayaan penting dan ibukota kekaisaran romawi di sebelah timur. Pergamon terkenal akan penemuan Perkamen (dokumen yang ditulis di kulit binatang seperti kulit kambing or kulit sapi) yang menggantikan Papyrus karena semakin sulit didapatkan. Tur akan berangkat dari Izmir dimana anda akan dijemput oleh pemandu wisata anda. Di Pergamon anda akan mengunjungi Acropolis yang mengagumkan. Acropolis adalah suatu daerah yang dubangun khusus di dataran tinggi yang difungsikan sebagai pusat pertahanan. Acropolis di Pergamon mempunyai bentuk yang serupa dengan yang di Athena. Pemandangan yang indah menanti anda dari tempat tertinggi di Acropolis ini. Setelah Acropolis anda akan mengunjungi perpustakaan Marvel dengan koleksinya yang pernah mencapai 200.000 buku. Perpustakaan ini pernah menjadi hadiah perkawinan dari Mark Anthony ke istrinya Cleopatra. Kuil Trajan adalah bangunan marmer besar yang dibangun kembali dari potongan – potongan aslinya yang ditemukan di tempat itu. Setelah kuil Trajan kita akan menuju ke biara Asclepius dimana terdapat air mancur yang disucikan. Air mancur ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Setelah santap siang makanan khas turki kita menuju ke museum arkeologi Pergamon dimana anda dapat melihat peninggalan – peninggalan bersejarah.
Sore hari kita bermobil dengan santai kembali ke Kusadasi. Bermalam di Izmir.
Hari ke tiga belas :
Anda akan diantar ke Bandara Izmir untuk terbang kembali menuju Istanbul, Sesampai di istanbul anda mempunyai waktu bebas. Bermalam di Istanbul.
Hari ke empat belas :
Hari ini kita mengantar teman baru kita menuju bandara Istanbul karena tur telah berakhir.

Harga : Beritahu kami berapa orang dalam kelompok anda, dan kami akan memberikan penawaran
menarik sesegera mungkin.

Harga tur sudah termasuk
Semua tur dan tiket masuknya ( sedikitnya duapuluh tempat) sbb
Blue Mosque Tour – Chora Church Tour
Hagia Sophia church / museum tour – Topkapi Palace
Dolmabahce Palace – Basilica Cistern
Grand Bazaar – Egyptian Spice Market
Bosphorus Cruise and Tour – Anatolian Civilian Museum Tour
Goreme Open Air Museum Tour – Cappadocia Valley Hike (weather permitting)
Kaymliki Underground City Tour – Visit with Imam
Carpet Weaving Demonstration – Caravanserai Visit
Mevalana Rumi Museum – Konya City Tour
Aphrodisias Tour – Pamukkale orientation
Ephesus tour – Pergamon..dan masih banyak lagi...
Tiket penerbangan domestik
Transportasi dengan bis selama tur.
Akomodasi di hotel yang tidak terlupakan di lokasi strategis selama 13 malam
Santap pagi

TENTANG KAMI

Semua pemandu wisata kami memiliki lisensi dari Kementrian Pariwisata Republik Turki. Tapi yang lebih penting adalah bahwa kami hanya merekrut orang - orang yang benar – benar berdedikasi tentang semua hal yang berhubungan dengan Turki, berdedikasi untuk berbagi budaya kami dengan anda.